Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMA

Arip Widodo, Diyas Puspandari, Indra Nugrahayu Taufik

Abstract


Writing skills are very important for educators. Because, it is a creative process that requires knowledge, skills, techniques, and continuous practice. The weakness of creative thinking in Indonesian learning in writing competence, especially poetry writing. The objectives of this study are: (a) to analyze the difference in poetry writing ability using the relay writing method  and students who use conventional methods; (b) analyze the creative thinking ability of students who use the relay writing method  with students who use conventional methods; (c) correlation to the creative thinking ability of class X students and writing poetry using  the relay writing method and  the creative thinking ability of class X students and writing poetry using conventional methods. Based on the results of the research, there is a conclusion that learning to write poetry texts has an impact on students' creative thinking skills. It is evident from the results of the average pre-test results of the experimental class students obtained 57, while the average post-test results of the experimental class obtained 82 which showed a significant increase in scores before and after the treatment. Likewise, the average score of students' creative thinking pretries is 40 while the average score after the creative thinking test is 83. This shows a significant increase in creative thinking.

 

Abstrak

Keterampilan menulis sangatlah penting bagi pendidik. Karena, merupakan suatu proses kreatif yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, teknik, serta latihan terus menerus. Lemahnya daya berpikir kreatif pembelajaran Indonesia dalam kompetensi menulis khususnya menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah: (a) menganalisis perbedaan kemampuan menulis puisi yang menggunakan metode estafet writing dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; (b) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode estafet writing  dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; (c) korelasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X menulis puisi dengan menggunakan metode estafet writing dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X  menulis puisi dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat simpulan bahwa pembelajaran menulis teks puisi berdampak terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Terbukti dari hasil prates rata-rata siswa kelas eksperimen memperoleh 57, sementara perolehan rata-rata pascates kelas ekperimen memperoleh 82 yang menunjukan kenaikan nilai yang signifikan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Begitu pula dengan nilai rata-rata prates berpikir kreatif siswa yaitu 40 sementara nilai rata-rata pascates berpikir kreatif 83. Hal ini, menunjukan kenaikan yang signifikan terhadap berpikir kreatif.


Keywords


Creative Thinking; Poetry; Writing Learning

References


Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2011). Choosing a mixed methods design. In Designing and Conducting Mixed Methods Research (pp. 53–106). Sage Publications, Inc.

Damayanti, F. D., Riyadi, & Amir. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Didaktika Dwija Indria, 1(8), 1–5. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2276

Djojosuroto. (2005). Puisi, Pendekatan, dan Pembelajaran. Nuansa.

Febriyanto, B., Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 6(3), 1519–1528. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5647

Filaisme, D. K. (2007). Menguak Rahasia Berpikir Kreatif dan Kreatif. Prestasi Pustaka.

Heriawan, A., Darmajari, & Arip, S. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Metode, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. LP3G.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Edisi Revisi. PT Refika Aditama.

Jafari, F. M. (2015). Critical Reflection of an Iranian EFL Classroom: Effective Ploys in Narrative Paragraph Writing Development. Advances in Language and Literary Studies, 6(4). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.4p.28

Jubaedah, N. (2013). Pembelajaran Menulis karangan Narasi Bermuatan Karakter dengan Menggunakan Metode Inkuiri dan Media Vidio Klip. https://repository.upi.edu/2079/

Kasnadi, S. (2008). Menulis Kreatif; Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Nadi Pustaka.

Marlinda, N. L. P. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2), 1–22. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/483

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Prayogi, E. N., & Subrata, H. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Langsung Bermuatan 4C (Critical thinking, Creativity, Character, and Communication) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Kedurus III/430 Surabaya. Jurnal PGSD, 8(4), 779–790. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35829

Qian, D. D., & Pan, M. (2019). Politeness in Business Communication: Investigating English Modal Sequences in Chinese Learners’ Letter Writing. RELC Journal, 50(1), 20–36. https://doi.org/10.1177/0033688217730142

Rikmasari, R. (2013). Efektifitas Media Buku Catatan Harian Dalam. Pedagogik, 1(2), 19–29.

Sayuti, S. A. (1985). Puisi dan Pengajarannya: Sebuah Pengantar. IKIP Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supendi, P. (2008). Fun Games: 50 Permainan Menyenangkan di Indoor dan Outdoor. Penebar Swadaya.

Supriadi, D. (2001). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Alfabeta.

Syatariah, S. (2011). Menulis Berantai Sebagai Metode Inovatif. CPI Rumbai.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Taufik, I. N. (2014). KAJIAN KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CIHALIMUN KEC. KERTASARI KAB. BANDUNG. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 35–43. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/312592

Taufik, I. N. (2021). Pengembangan Model Enriched Virtual Berbantuan Media Augmented Reality Pocket Book dalam Pembelajaran Menulis Pantun [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/63292/

Taufik, I. N. (2022a). Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 05(03), 531–538. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.10910

Taufik, I. N. (2022b). Local Wisdom and Didactic Values in Lullaby “Kawih Mepende Murangkalih.” Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 11(1), 151–164. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4945

Taufik, I. N., & Solihah, D. S. (2022). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS OF PANTUN IN ELEMENTARY SCHOOL TEXTBOOK Analisis Wacana Kritis Pantun pada Buku Pelajaran Sekolah Dasar. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 410–426. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jentera.v11i2.5666

Thahar, E. F. (2008). Menulis Kreatif Panduan bagi pemula. UNP Press.

Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi. Gramedia.

Yanti, S. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 202–209. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.645

Yudawati, I. (2014). Model Pembelajaran Pengalaman di Luar Kelas (Outdoor Experiential Learning ) yang Berorientasi Kecerdasan Intrapersonal dalam Pembelajaran Menulis Puisi. http://repository.upi.edu/12466/




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v13i1.7604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.